Palembang,Berita Terkini.Co.Id Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar didunia berdasarkan data Kemenag yakni sebanyak 231 Juta atau 87,2 % dari total penduduk Indonesia. Namun dibalik banyaknya penduduk Islam di Indonesia justru umat Islam mengalami buta huruf Al-Qur’an sebesar 65% (149 juta jiwa) dari total penduduk muslim Indonesia sebagaimana hasil riset dari Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta (IIQ) tahun 2018. Secara demografis penderita buta huruf Al-Qur’an dimulai sejak usia anak-anak sampai usia tua.

Banyak faktor penyebab seorang tidak fasih membaca Al-Qur’an diantara adalah seorang yang hanya belajar Al-Qur’an dikala masih kanak-kanak lalu ketika beranjak dewasa sudah tidak lagi belajar atau bahkan tidak membaca Al-Qur’an sama sekali lantaran disibukkan dengan Pendidikan atau pekerjaannya.ungkap Fredi Dermaga CEO dan Founder Belajarlah bertempat di kantor Cabang Jalan Angkatan 66 Palembang (07/12/21)

Seorang yang sudah terlanjur belum fasih membaca Al-Qur’an dan memiliki kesibukan bekerja berpotensi menambah kesulitan untuk dapat belajar Al-Qur’an secara langsung, karena sehari-harinya sibuk mengurusi bisnis ataupun pekerjaannya.

Padahal membaca Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan-keutamaan baik ketika masih berada didunia maupun saat sudah berada di alam akhirat, sebagaimana hadist berikut ini:
Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim);

Permasalahan buta huruf Al-Qur’an di Indonesia semakin meruncing ketika datang pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 hingga saat ini, karena ruang gerak yang terbatas dan kegiatan yang menimbulkan perkumpulan di larang sehingga kegiatan belajar mengaji di TPA atau masjid-masjid pun terhenti.

Dari persoalan tersebut Belajariah hadir sebagai solusi dengan memberikan kemudahan setiap orang menemukan pengajar Al-Qur’an dari seluruh Indonesia melalui aplikasi Belajariah. Peserta bisa belajar secara online maupun offline, dengan waktu dan tempat yang disepakati antara pengajar dan peserta.
Hadirnya Belajariah sangat membantu orang-orang yang ingin belajar Al-Qur’an namun tinggal didaerah yang jauh dari akses pengajar Al-Qur’an atau seorang yang terkendala waktu untuk belajar langsung karena sibuk bekerja.
“Kami berharap dengan hadirnya aplikasi Belajariah ini, bisa menjadi solusi bagi masyarakat supaya memudahkan belajar Al-Qur’an dan mudah menemukan pengajar Al-Qur’an, serta ikut berkontribusi dalam upaya pemberantasan buta huruf Al-Qur’an di Indonesia”ujar Fredi Dermaga CEO dan Founder Belajariah

Belajariah memiliki Ustadz/Ustadzah yang tersebar dari seluruh Indonesia serta telah berpengalaman bertahun-tahun mengajar Al-Qur’an baik untuk anak-anak , dewasa bahkan orang tua. Dengan ikut belajar di Belajariah kita telah membantu menjadi penggerak dalam upaya pengentasan buta huruf Al-Qur’an di Indonesia. Untuk dapat mengkuti pembelajaran Al-Qur’an di kelas Belajariah masyarakat bisa mendownload aplikasi di Playstore dengan nama Belajariah, atau bisa klik link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.belajariah. untuk mengetahui lebih lanjut tentang Belajariah masyarakat juga bisa mengunjungi situs web resminya di www.belajariah.com atau media sosialnya baik Instagram,Facebook atau youtube di @belajariah. Adanya belajariah tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar Al-Qur’an

“Nur Anggraeni salah satu peserta,Setelah belajar di kelas Dirosa Belajariah Alhamdulillah saya dapat cepat membaca Al-Qur’an dengan baik serta pengajarnya MasyaAllah baik sekali sistem belajarnya juga mudah dipahami, serta setiap pertemuan selalu diberi motivasi pemahaman keislaman
Alhamdulillah Qadarullah”Pungkasnya.(DN/RZP )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here