Berita

Relasi Tingkatkan Kualitas Kerja UPTD BLKIP Bali

DENPASAR, beritaterkini.co.id | Relasi merupakan sebuah terobosan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelatihan di unit pelayanan Teknis Daerah Balai Latihan Kerja Industri dan pariwisata Bali.

Sehingga terobosan itu dapat mempengaruhi dan meningkatkan kualitas kinerja lembaga, pegawai serta output pelatihan yang ada di unit pelayanan Teknis Daerah Bali latihan kerja industri dan pariwisata Bali.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BLK IP Bali Ni Putu Juliawati S.Sos., M.Si beberapa waktu lalu. Menurutnya hal tersebut dilatar belakangi dengan isu starategis, terbatasnya akses informsi dan pelatanan pendaftaran di UPTD BLKIP Bali.

Disamping itu menurutnya, adanya sistim pembelajaran yang masih konvensional di UPTD BLKIP Bali, serta pemanfaatan teknologi dan informasi sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan pelayanan kinerja organisasi.

Lanjut Juliawati, sejalan dengan program Provinsi Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali, yakni, mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi yaitu berkualitas dan berintegritas, bermutu professional dan bermoral serta memiliki jati diri yang kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Krama Bali

“Kemudian, menghasilkan tenaga kerja yang kompeten, produktif, berkualitas dan memiliki daya saing tinggi serta memperluas akses kesempatan kerja di dalam dan di luar negeri,” tuturnya.

Dijelaskan pula, bahwa tugas BLKIP Bali, yakni melaksanakan kegiatan teknis operasional dan atau kegiatan teknis penunjang serta urusan pemerintahan bidang ketenagakerjaan yang bersifat pelaksanaan dari dinas dalam melaksanakan pelatihan keterampilan bagi angkatan kerja di berbagai bidang kejuruan, baik bidang industri maupun bidang pariwisata.

Hal tersebut menurutnya yang melandasi adalah kondisi hari ini yang belum efektif dan optimalnya sistem perekrutan peserta pelatihan dan sistem belajar mengajar yang ada di UPTD BLKIP Bali, jumlah SDM untuk proses rektrumen terbatas dan terbatasnya akses pembelajaran hanya di kelas saja/luring.

Pihaknya berharap, pelayanan terhadap perekrutan siswa pelatihan di UPTD BLKIP Bali berbasis sistem, aplikasi dan digitalisasi. Aktivitas pembelajaran dan pelatihan berbasis sistem, aplikasi dan digitalisasi yang valid, fair, flexibel dan reliable.

Ni Putu Juliawati juga menyampaikan bahwa solusinya analis swot, adanya kewenangan di UPTD BLKIP Bali, adanya aturan ketenagakerjaan yang sudah baku di lingkungan Provinsi Bali, adanya panduan dan sistem mekanisme kerja dan tersedianya anggaran kegiatan pelatihan.

Beberapa permasalahan yang dihadapi sebelumnya menurutnya meliputi, terlalu berorientasi pada anggaran, belum tersedianya sistem layanan informasi pelatihan, belum tersedianya sistem perektrutan pelatihan dan belum tersedianya sistem learning managament system.

Adanya media Teknologi informasi berupa internet, adanya ketenagakerjaan yang sudah berlaku di kementerian ketenagakerjaan.

“Kondisi pandemi dan semakin berkembangnya era digital, tuntutan masyarakat akan penyelenggaraan pelatihan yang terbuka, transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Menurutnya, Rekrutmen dan E-Learning Sistem (Relasi) merupakan aplikasi yang dirancang untuk mempermudah proses pendaftaran dan seleksi peserta pelatihan calon tenaga kerja di UPTD BLKIP Bali.

Selain itu dalam relasi juga terdapat fitur pembelajaran secara daring baik melalui e-book, video pembelajaran dan pembelajaran secara daring oleh instruktur.

Juliawati juga menjelaskan keunggulan Aplikasi Rekrutmen Online ples Aplikasi Pembelajaran Online serta Relasi memiliki keungulan inovasi, Diantaranya informasi Pelatihan, Seluruh informasi pelatihan diupdate secara rutin.

Kemudian menyediakan Modul Elektronik masing-masing kejuruan pelatihan terdapat di dalam aplikasi, pembelajaran Melalui Vidio, tersedia fitur vidio pembelajaran masing-masing unit kompetensi kejuruan.

Lebih lanjut Juliawati mengatakan, untuk pendaftaran dan seleksi peserta pelatihan dilakukan secara online.

“Aplikasi Relasi sangat mudah digunakan karena dapat diakses melalui smartphone,” tutupnya. (Red/BT)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: