Ekonomi

Akhirnya Anak Buah Prabowo Batalkan Wacana Ekspor Benih Lobster

LOMBOK – BERITATERKINI.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo menegaskan bahwa wacana ekspor benih lobster dipastikan gagal.

Demikian disampaikan Edhy usai bertemu dengan para nelayan dan pembudidaya lobster di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis, (26/12/2019).

“Jadi ekspor itu cuma cerita, kalau ini semua ada, jadi ekspor itu tinggal cerita saja. Kita akan ekspor yang hasilnya,” kata Edhy.

Adapun Peraturan Menteri Nomor 56 Tahun 2016 tentang Larangan Penangkapan dan atau Pengeluaran Lobster, Kepiting, dan Rajungan dari Indonesia nantinya akan tetap dievaluasi. Namun, evaluasinya terkait aturan penangkapan dan pembudidayaan.

“Jadi kalau memang Bapak/Ibu mau membudidaya kita kasih jalan. Kalau perlu yang 11 juta dibudidayakan saja, dibesarkan sendiri,” kata Edhy.

“Nah sekarang ke depannya harus diatur, dengan cara yang seperti ini kalau dibiarkan massive ini banyak penyakit yang muncul. Jadi ke depan mau diatur untuk yang lebih baik,” sambungnya.

Sebelumnya diketahui wacana ekspor benih lobster menjadi pertentangan lantaran dianggap merusak keberlanjutan lobster di Indonesia dan lebih banyak merugikan nelayan. Ekspor benih lobster ingin dilegalkan lantaran selama ini menghilangkan pemasukan nelayan, sementara benih lobsternya sendiri tak sedikit yang bisa bertahan dibudidayakan hingga menjadi lobster besar.

Related Articles

One Comment

  1. Ping-balik: mazatapec spore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: