Berita

Warga Terdampak Debu Batubara Milik PT RMK Kembali Bergejolak, Warga Datangi Camat Gandus

Palembang, Beritaterkini.co.id–  Ikatan Solidaritas Warga Gandus (Iksowdus) datangi Kantor Camat Gandus guna meminta ketegasan pemerintah terkait adanya dugaan PT RMK Energi kangkangi isi kesepakatan dengan warga RT 25/26 Selat Punai Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Palembang, pada Rabu (12/10/22).

Kedatangan mereka, di terima langsung oleh Camat Gandus, Jupriansyah, SSTP, MSi di dampingi oleh Lurah Pulo kerto, Amrullah bahkan tampak dihadiri pula oleh Polsek Gandus yang di wakili oleh IPDA David Suhendra dan Bhabinkantibmas, Aiptu Jumani.

Ketua Iksowdus, Julianto bahwa pihaknya meminta kepada pemerintah Kota Palembang melalui Pemerintah Kecamatan  Gandus untuk segera melayangkan surat teguran tertulis kepada PT RMK Energi yang diduga kuat telah mengangkangi sejumlah isi perjanjian dengan masyarakat yang terdampak debu batubara.

“Kami meminta dan mendesak Camat Gandus untuk segera memberikan teguran tegas ke pihak PT RMK Energi yang kami duga kuat sengaja mengangkangi perjanjian dengan masyarakat selat punai”ungkap Julianto.

Hal itu terbukti, lanjut Julianto buktinya sampai sekarang bantuan untuk Masyarakat yang terdampak debu batubara tepatnya bagi warga RT 25/26 Selat Punai yang hingga kini belum kunjung di realisasikan.,

“Kami percaya Pemerintah Kecamatan Gandus dan Pemerintah Kelurahan Pulokerto berani mendorong pihak perusahaan untuk menindaklanjuti hal tersebut,”cetus Julianto.

Disampaikan Julianto, pihaknya meminta Camat Gandus untuk bisa memfasilitasi guna mediasi antara masyarakat dengan pihak perusahaan untuk mendapatkan solusi yang tepat.

“Kami meminta Camat dan Kapolsek Gandus untuk turun langsung meninjau lokasi warga masyarakat yang terdampak debu batubara Khususnya Lokasi SD yang ada di dekat Loading batubara guna memberikan bantuan berupa masker untuk anak anak sekolah sebagai bentuk perhatian dari Pemerintahan kota Palembang khususnya di Pemerintahan Kecamatan Gandus,”harap Julianto.

Julianto juga meminta pemerintah kota Palembang melalui Pemerintah Kecamatan untuk memberikan himbauan dan arahan terkait permasalahan belum terealisainya bantuan dari PT RMK Energi kepada masyarakat agar tidak melakukan hal hal Negatif sehingga merugikan Masyarakat itu sendiri.

“Kami sangat menyayangkan kepada pihak PT RMK Energi yang dianggap kurang pro aktif menjalin  komunikasi dengan masyarakat yang terdampak debu batubara. Seharusnya jika ada perubahan terkait bantuan 2 bulan sebelumnya sudah di sosialisasikan dengan masyarakat hingga tidak timbul gejolak,”terangnya.

Julianto menambahkan apabila tidak ada respon positif dari pihak PT RMK Energi dari hasil audensi dengan Pemerintah Kecamatan Gandus ini, maka pihaknya akan mengadakan audensi dengan Gubernur dan DPRD Sumsel.

“Jika ini tidak juga menemukan kejelasan maka kami akan melanjutkannya ke Gubernur dan DPRD Sumsel serta akan mengerahkan tim kuasa hukum masyarakat untuk mengambil langkah hukum terkait dugaan tersebut,”tegas Julianto.

Camat Gandus Jupriansyah. S.STP, M.Si mengatakan pihaknya segera akan melayangkan surat kepada PT RMK Energi terkait masalah dampak debu batubara dan dari hasil audensi ini akan segera ditindaklanjuti mengenai konpensasi dari perusahaan yang seyogyanya sudah terealisasi tahun ini sesuai kesepakatan kedua belah pihak dan di tanda tangani bersama.

“Kami akan menindaklanjuti segera hasil audensi ini dan juga akan meninjau langsung ke RT 25/26 dalam waktu dekat ini,” tegasnya.

Ditambahkan salah satu masyarakat yang terdampak debu batubara, Fikri bahwa masyarakat bersama Iksowdus akan terus berjuang demi hak masyarakat dan bertekad apabila bantuan yang sudah di sepakati tidak di realisasikan oleh PT RMK Energi yang di duga ingkar janji.

“Kami terus berjuang dan akan menuntut keadilan sesuai Undang-undang di Republik Indonesia,”pungkasnya.

Sementara itu,  pihak PT RMK Energi, Togar selaku GM saat dikonfirmasi melalui via WhatsAppnya menyampaikan bahwa CSR RMK akan diberikan dalam 3 jenis yakni Pendidikan, Pembangunan dan Kesehatan dan tidak berbentuk uang cash, ungkapnya dengan singkat. (*)

Related Articles

3 Comments

  1. บริการลูกค้าระดับ VIP ดูแลคุณตลอด 24 ชั่วโมง: THE88THAI ให้ความสำคัญกับลูกค้าทุกท่าน ทีมงานมืออาชีพพร้อมให้บริการ 24 ชั่วโมง ตอบคำถาม แก้ไขปัญหา ด้วยความรวดเร็วและประสิทธิภาพ https://the88me.com/ เราพร้อมให้บริการคุณด้วยความเต็มใจ ให้คำปรึกษา ตอบคำถาม แก้ไขปัญหา ตลอด 24 ชั่วโมง

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button
%d blogger menyukai ini: